Solusi Masalah Sosial dan Reaksi Masyarakat

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kultur, budaya, dan bahasa. Hal ini membuat aneka variasi bagi berbagai lapisan masyarakat, mulai dari faktor ekonomi tertentu, jenjang usia yang dipengaruhi oleh perkembangan jaman, suku bangsa dan budaya antar golongan yang sama maupun golongan yang berbeda . Namun kekayaan dari perbedaan jenis yang beragam ini dapat menjadi suatu hal yang menguntungkan maupun menjadi bentrokan. Berikut informasi mengenai beberapa hal yang sedang populer hingga menjadi masalah di Indonesia pada masa kini.

Pengaruh Sosial Yang Berdampak Bagi Masyarakat

Seputar Toxic Positivity dan Healthy Negativity

Toxic positivity adalah istilah yang saat ini sedang ramai diperbincangkan masyarakat. Berawal dari tagar yang populer di lini masa beberapa waktu lalu, mengenai perilaku masyarakat yang berusaha memaksa pihak lain untuk berpikir positif tanpa memberi rasa empati akan masalah yang dihadapi. Dengan meyakini semua akan baik-baik saja menjadi bentuk solusi kosong yang untuk menyelesaikan masalah. Banyak orang menganggap berpikir positif akan membuat pikiran terus merasa bahagia. Meski benar namun saat-saat tertentu berpikir positif dapat menjadi racun sebagai upaya lari dari masalah.

Toxic positivity mengacu pada konsep berpikir positif menjadi cara yang tepat untuk menjalani hidup. Namun hanya berfokus pada hal-hal positif saja, dan menolak apa pun yang dianggap negatif. Menyangkali segala hal yang negatif hanya membuat masalah semakin besar. Upaya menghindari emosi negatif, juga dapat membuat orang menjadi acuh dan tidak mempedulikan masalah yang dihadapi. Dalam skala besanya seseorang akan kehilangan kemampuan untuk memproses dan berusaha mengontrol emosi, sehingga menjadi kurang peduli akan lingkungan sekitar.

Healthy negativity terjadi saat seseorang meresponi emosi negatif dengan cara yang tepat. Healthy negativity  merupakan gambaran usaha mengatasi masalah, mengelola situasi, pengalaman, dan perasaan negatif yang dialami dengan cara yang tepat. Penting bagi seseorang untuk menyadari bahwa tidak semua emosi negatif itu buruk. Saat menghadapi kejadian atau pengalaman yang tidak menyenangkan, merasa sedih, marah atau kecewa merupakan emosi yang natural dan normal dialami. Dibanding diabaikan, disangkal, atau dihindari, emosi negatif perlu diterima dan diselesaikan secara sehat.

Karya Dan Kreativitas Masyarakat

Karya Lathi Hingga Tren Lathi Challenge, Pro-Kontra Dari Berbagai Kalangan

Belum terlalu lama ini, muncul sebuah video klip berjudul Lathi mengenai suatu karya dari kreator lokal. Video klip ini menjadi sangat populer hingga dikomentari banyak orang, termasuk orang dari luar negeri yang sebelumnya sama sekali tidak mengetahui akan musik video, pencipta lagu ini maupun penyanyinya. Beraneka komentar muncul mengenai video klip itu. Ada yang kagum dan menyukainya, memberi respon netral atau biasa saja, hingga kurang berminat atau agak menolaknya. Tema unik dalam tayangan video klip ini bahkan mengakibatkan beberapa pihak memberi celaan atau komentar yang menjatuhkan, seperti bahwa adegan dalam video tersebut menggambarkan kondisi menyerupai pemujaan dan pemanggilan setan. Tak tinggal diam, tiga orang anggota dari kelompok Weird Jenius sebagai pencipta lagu ini pun memberi komentar tanggapan atas pernyataan yang salah mengenai konsep dari kreatifitas pembuatan video klip tersebut. Dengungan dari pro dan kontra akan karya entertainmen ini berlangsung cukup luas dan relatif panjang.

Sebagian orang pun ada yang meresponi karya ini dengan membuat video klip kreasi akan Lathi, yang kemudian menjadi terkenal dan disebut Lathi Challenge. Umumnya video klip Lathi Challenge ini seputar video tata rias wajah yang mengikuti konsep pada video klip tersebut, dimana riasan make up tokoh utama dalam video tersebut berubah dari tampilan biasa atau ditampilkan sebagai wanita dalam nuansa adat Jawa yang kemudian berubah menjadi riasan wajah menyeramkan seperti setan dalam mitos Jawa. Menjadi suatu hal yang bermanfaat untuk meresponi tren seperti ini dalam bentuk menunjukkan kemampuan serupa yang dimiliki, seperti dalam merias wajah atau sebagai pihak yang dapat mengedit video secara baik dan mempublikasikan kemampuan ini di media internet. Di waktu yang akan datang skill ini memungkinkan untuk menjadi peluang dalam memulai usaha mengenai tata rias wajah, kemampuan make-up effect, hingga memproduksi video yang baik.

Komentar Akan Perbandingan Drama Korea Dan Sinetron Lokal

Sejarah dunia hiburan terus berkembang hingga ke ranah internasional. Berbagai karya baik itu lokal maupun dari luar banyak yang masuk ke Indonesia. Beraneka macam tren silih berganti satu sama lain, dimulai dari demam acara televisi telenovela dari negara latin yang populer di masa yang agak lampau, kepopuleran drama dan grup penyanyi asal Taiwan serta China, yang kemudian berganti ke artis asal Jepang hingga artis Barat. Dan yang terakhir sejak beberapa waktu yang lalu, kini masyarakat Indonesia dan hampir seluruh dunia sedang dipengaruhi oleh demam Korea, baik itu dalam bentuk musik dan drama acara televisi. Hingga pada akhir-akhir ini muncul suatu komentar yang viral di dunia maya dalam membandingkan antara drama lokal populer pada masa kini yang disebut sinetron, dengan drama asal Korea. Masalah kualitas, konsistensi alur dan struktur cerita menjadi poin utama yang cukup membedakan kedua jenis film yang bertema sama ini. Jenis usaha apa yang dapat diresponi dari berita ini? Salah satunya dengan menjadi tenaga kreatif yang edukatif dalam memproduksi konten serupa di industri perfilman Indonesia untuk menjadi lebih baik lagi di kemudian hari.

Perilaku Sosial Lapisan Masyarakat

Barista Kedai Kopi Yang Bertindak Mesum Kepada Pelanggan

Dalam waktu yang masih baru ini, beredar sebuat berita yang menyampaikan perilaku mesum seorang barista atau karyawan yang bekerja di sebuah kedai kopi Internasional. Karyawan ini ditemukan sedang melakukan tindakan mesum yang merendahkan seorang wanita pengunjung kedai kopi itu. Pihak dari kedai kopi ini, yaitu Starbuck menyatakan kepada publik bahwa telah menyelesaikan masalah ini dan bersedia untuk membantu pihak wanita yang menjadi korban. Sedangkan karyawan tersebut sudah resmi diberhentikan dari pekerjaannya. Berita ini mendapat tanggapan yang cukup ramai pada forum internet. Banyak pihak yang menyetujui tindakan yang dilakukan perusahaan minuman ini, dan banyak yang mencela standar pelatihan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya. Berita ini dapat dijadikan opsi usaha dalam tiga jenis hal, yaitu dengan mendirikan jenis usaha kedai kopi lain yang mengutamakan standar pelatihan yang baik dalam mendidik karyawannya, manjadi bentuk saingan bagi usaha kedai kopi tersebut, atau dalam jenis usaha yang mendidik kualitas tenaga pekerja untuk menjadi lebih baik lagi, serta dalam bentuk usaha peliputan berita.