Peluang Bisnis Makanan Sehat Pada Saat Pandemi COVID-19

Pandemi Covid-19 berdampak sangat besar terhadap gaya hidup masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Selain meningkatnya bisnis online dampak lain adalah tingginya konsumsi terhadap makanan sehat yang menyebabkan bisnis makanan sehat semakin dilirik. Bisnis makanan sehat sudah ada dari sejak lama, industri makanan sehat berkembang karena kebutuhan untuk hidup jauh dari penyakit.

Peluang bisnis makanan sehat saat pandemi sangat menjanjikan karena permintaan terhadap produk makanan sehat semakin meningkat. Era teknologi dan informasi saat ini membuat bisnis makanan online mudah dijalankan dan membuat perkembangan bisnis kuliner di Indonesia semakin pesat. Tidak sulit mencari informasi tentang kesehatan dan bahan-bahan untuk makanan sehat. kalian hanya harus rajin browsing untuk mencari hal-hal yang diperlukan dalam memulai bisnis makanan sehat, karena semua informasi tersebut tersedia di internet. Berikut ini adalah peluang bisnis makanan yang sehat pada saat pandemi COVID-19 yang bisa kalian jalankan.

 

Katering Diet Sehat

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang mengurangi aktivitas atau sama sekali tidak makan diluar rumah. Oleh karena itu katering diet sehat menjadi peluang usaha kreatif yang sangat menjanjikan.

Berbuka Puasa dengan Menu Makanan Sehat? Yuk Pesan Aja Keya! - Halaman 2 - Tribun Jabar

Buatlah makanan diet sehat yaitu yang rendah kalori, gula dan garam sehingga makanan tersebut bisa menjadi solusi bagi orang yang mau hidup sehat sekaligus menjaga berat badan agar tidak mudah terserang penyakit.

 

  • Makanan Organik

Seiring dengan tangkasnet online takutnya masyarakat terhadap penyakit bisnis makanan sehat lain yang bisa dilakukan adalah menyediakan makanan organik. Pelajari tentang bahan-bahan untuk membuat makanan organik dan carilah supplier yang tepat untuk memulai bisnisnya. Makanan organik sudah menjadi tren makanan sehat di Indonesia bahkan saat sebelum pandemi.

 

  • Makanan Vegetarian

Makanan vegetarian menjadi alternatif bagi sebagian orang, karena mengkonsumsi daging memiliki potensi menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, bisnis makanan vegetarian bisa menjadi solusi untuk kalian yang mencari ide bisnis makanan sehat saat pandemi ini. Dewasa ini makanan vegetarian dan plant based sangat sering digunakan untuk solusi hidup sehat dan umur panjang.

 

  • Snack Sehat

Ide bisnis makanan sehat lainnya adalah memproduksi snack sehat. Tujuannya adalah untuk menggantikan snack tidak sehat yang dikonsumsi oleh masyarakat sebelum pandemi. Usaha kecil snack sehat kalian bisa terus dikembangkan walau pandemi sudah berakhir. Bukan tidak mungkin bisnis snack sehat kalian berkembang menjadi besar jika kalian fokus dalam menjalankannya. Gunakan toko konvensional, marketing freelance, aplikasi marketplace dan media sosial untuk memasarkannya.

 

  • Salad Buah

kalian juga bisa menjual salad buah karena  berisi banyak vitamin untuk meningkatkan imun dan serat untuk kesehatan pencernaan. Membuat salad buah bukan merupakan sesuatu yang sulit sehingga ini bisa menjadi bisnis makanan sehat yang mudah untuk dijalankan. Yang terpenting dalam bisnis salad buah adalah menemukan supplier buah yang bisa konsisten menyediakan buah yang baik dan murah.

 

Cocok Jadi Ide Bisnis Pada Saat Pandemi

Karena masa pandemi yang belum juga berakhir, kepedulian orang terhadap pola gaya hidup sehat pun menjadi semakin tinggi. Bahkan karena itu pula, banyak orang yang akhirnya menjadikan gaya hidup sehat menjadi kewajiban karena kekhawatiran karena risiko penularan yang tinggi karena imun tubuh yang rendah. Banyak orang menjadi lebih sensitif terhadap apa yang mereka makan, minum dan gunakan demi menghindari penularan virus. Hal ini lah yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan peluang bisnis berkonsep gaya hidup sehat. Tapi, untuk memulai bisnis di musim pandemi jangan lupa juga untuk menerapkan protokol kesehatan yang ada yaitu:

  • Selalu menggunakan APD (alat pelindung diri) seperti face shield, masker sarung tangan selama bekerja
  • Selalu melakukan pembersihan dan sterilisasi untuk setiap produk, kemasan, tempat duduk/fasilitas yang telah selesai digunakan
  • Pastikan kondisi tubuh selalu sehat
  • Melakukan pengecekan tubuh kepada setiap karyawan dan pelanggan
  • Selalu menjaga kondisi tubuh dan kesehatan
  • Mengurangi jumlah maksimal pelanggan yang boleh masuk (maksimal 50% dari kapasitas)

 

Persiapkan Modal yang Diperlukan

Modal adalah bagian penting, tidak ada modal maka keinginan kalian ingin membangun bisnis juga tidak akan terwujud. Sebelum menyiapkannya, ketahui dan hitung terlebih dulu berapa kisaran modal yang dibutuhkan dengan jenis bisnis yang kalian pilih. Tentunya, semakin besar skala bisnis, semakin besar juga modal yang dibutuhkan. Berikut ini ada beberapa gambaran dari kisaran modal yang kira-kira dibutuhkan untuk bisnis gaya hidup sehat.

 

  • Bisnis makanan untuk skala kecil berkisar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta. Untuk berbisnis makanan dengan skala penjualan untuk 10-20 orang, maka modal awal yang bisa dipersiapkan sekitar Rp3 juta-Rp5 juta. Modal ini dihitung berdasarkan kebutuhan bahan makanan dan sudah termasuk alat makan dan kemasan.
  • Bisnis makanan untuk skala besar sekitar Rp 20 juta hingga Rp 25 juta. Bagi kalian yang berniat untuk menggeluti bisnis makanan dengan skala besar, seperti bisnis katering makanan sehat untuk perkantoran, maka modal yang dibutuhkan minimal sekitar Rp 20 juta hingga Rp 25 juta, dan bisa lebih jika kalian memegang 2 – 5 kantor sekaligus dengan jumlah karyawan masing-masing kantor 30 – 50 karyawan.
  • Bisnis pusat kebugaran sekitaran Rp 30 juta hingga Rp 50 juta. Bisa dikatakan bisnis Pusat Kebugaran adalah jenis bisnis skala medium karena jumlah modal yang dibutuhkan ternyata cukup besar. Modal ini bahkan jumlahnya bisa bertambah tergantung dari pengadaan alat fitnes. Semakin bagus kualitas alat fitnes yang kalian beli tentu semakin mahal harganya. Jumlah modal ini adalah perkiraan untuk jumlah modal minimal yang dibutuhkan dan sudah termasuk biaya sewa tempat, pengadaan barang dan gaji untuk trainer.

 

Solusi Modal Bisnis Kalian

Kalian sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi mengenai modal untuk bisnis kalian, apabila budget kalian tidak cukup untuk modal pertama kalian mebangun sebuah bisnis yang kalian inginkan, saat ini sudah ada banyak sekali produk keuangan yang dapat membantu kalian dan juga bisa kalian manfaatkan dengan proses yang cepat juga. Berikut ini ada beberapa pilihan untuk membantu kalian dalam urusan modal berbisnis.

 

  • KTA atau Kredit Tanpa Agunan

KTA adalah salah satu produk keuangan yang bisa memberikan kalian sebuah modal dengan cepat, limit yang cukup besar hingga mencapai Rp 300 juta dan juga proses pencairan dana nya pun cukup cepat hanya memakan waktu 2 hingga 3 hari saja. KTA diberikan tanpa ada syarat pengajuan agunan dari calon debitur kepada kreditur. Hal ini sangat membantu kita yang belum mempunyai aset seperti rumah atau mobil. Untuk masalah kelengkapan dokumen, bank biasanya hanya meminta fotokopi KTP, kartu keluarga, dan catatan pembayaran kartu kredit bulan terakhir, serta mengisi formulir.

 

  • Kartu Kredit

Kartu kredit juga bisa dijadikan sebagai sumber modal untuk kalian yang ingin memiliki bisnis kecil maupun besar. Tentu saja limit yang akan kalian dapatkan juga haruslah tinggi, misalnya itu kartu kredit dengan memiliki limit sekitar Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Gunakan kartu kredit yang memberikan persentase tarik tunai yang cukup besar, setidaknya 50% dari total limit kredit yang kalian miliki. Hal ini akan mempermudah untuk mendapatkan modal bisnis kalian. Alangkah baiknya jika kalian melakukan pengajuan kartu kredit yang memang dikhususkan untuk usaha, dan memiliki kartu kredit yang bisa mencukupi kebutuhan usaha kalian.